Selasa, 06 September 2011

batik jogja

batik
Sebelumnya kami akan membahas dulu tentang apa itu batik:
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.
Karena batik telah disahkan sebagai warisan kebudayaan bangsa Indonesia, maka tgl 2 Oktober dicanangkan sebagai Hari Batik Nasional. Setiap warga pada hari itu ramai-ramai memakai batik. Seiring dengan kemajuan dunia teknologi, banyak orang melakukan pembelian batik di internet atau sering dikenal dengan istilah belanja batik online.
Sebelum Anda melakukan belanja batik online, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut:
1. Kunjungilah situs-situs yang terpercaya, dalam arti Anda bisa belanja batik di  toko online yang terpercaya. Anda bisa melihat dari testimonial atau komentar-komentar para pelanggan yang puas ketika membeli batik di toko online tersebut. Selain itu, Anda bisa melihat juga pelayanan dan pengiriman yang dilakukan toko online itu apakah tepat waktu seperti yang dijanjikan.
2. Belanjalah di toko online yang bisa memberikan garansi atas batik yang Anda beli. Maksudnya apabila ada kerusakan atau kesalahan corak di batik yang Anda beli, Anda bisa meminta ganti rugi atau penukaran barang dengan bebas ongkos kirim kepada toko online ini.
3. Simpanlah bukti pembayaran setelah Anda belanja batik online di toko tersebut. Dengan adanya bukti pembayaran ini, Anda bisa melakukan komplain sewaktu-waktu kepada toko online tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar