Selasa, 06 September 2011

batik jogja

Batik merupakan salah satu wujud kebudayaan nusantara dan juga sebagai salah satu warisan dunia yang dihasilkan dari bangsa Indonesia. Batik merupakan kain yang dihiasi oleh motif-motif yang memiliki ciri khas tertentu yang dibuat dengan tangan dengan teknik tertentu. Berikut kutipan dari wikipedia mengenai Batik

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama.

Batik juga merupakan sebuah tradisi turun temurun. Sehingga terkadang suatu motif dapat dikenali berasal dari suatu daerah atau keluarga tertentu, Sebagai contoh motif tradisional hanya dipakai oleh keluarga keraton atau Batik cirebon yang bermotif mahluk laut. Saat ini Batik telah dikenali dunia dan dianggap sebagai salah satu warisan dunia dan telah diakui oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization).

Perkembangan Batik juga kian membaik yang tadinya hanya digunakan untuk pakaian keluarga istana kemudian menjadi pakaian yang digunakan oleh rakyat dan digemari baik pria maupun wanita. Batik pertamakali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto pada waktu itu beliau mengenakan Batik saat menghadiri Konferensi PBB.

Namun, Sangat disayangkan budaya dan warisan Nusantara ini sempat diakui oleh Negeri tetangga menurut saya ini dikarenakan rasa sayang dan simpati kaum muda yang tidak bangga dan percaya diri dengan produk sendiri, mereka lebih suka memakai baju dengan merk dan produk luar ketimbang menggunakan Batik itu sendiri. Dan yang lucunya adalah ketika rakyat mengetahui batik telah diakui oleh negri tetangga barulah panik dan ada juga yang semangat mengajak perang dengan Negeri tetangga. Wah mengerikan bukan.

Sudah selayaknya kita kaum muda untuk menggunakan dan melestarikan salah satu budaya kebanggaan Indonesia ini. Semua ini belum terlambat. Negri lainnya boleh mengklaim Batik milik mereka namun jika kita sebenarnya pemilik Batik itu seberarnya mampu membuktikan, mencintai dan bangga menggunakan Batik itu sendiri. Dengan sendirinya Mereka dan dunia akan tau siapa pemilik Batik sebenarnya.

Ada banyak hal yang kita dapat lakukan mulai dari menggunakan, mengenalkan Batik kepada orang lain dan juga lebih baik lagi kita tidak hanya bangga menggunakan Batik tapi juga bangga menjadi pembatik itu sendiri. Ini tidak berlaku hanya untuk budaya Batik saja namun juga untuk budaya-budaya kebanggaan Indonesia lainnya, Agar tidak ada lagi pengakuan dan perampasan budaya oleh negeri lain. Apakah benar-benar salah jika negeri lain mengambil milik kita yang sebenarnya kita sendiri telah atau hampir lupa memilikinya? Mari kita pikirkan kembali.

Ya, inilah warisan budaya Nusantara yang sempat menjadi “kontroversi” dengan negara tetangga. Batik adalah salah satu  Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yang telah diakui oleh badan kebudayaan PBB yaitu UNESCO. Banyak sekali corak batik yang ada di Indonesia ini, seperti batik Toraja, Flores, Jawa, Papua, dll. Batik memang telah mendunia, bahkan Bill Gates  bos Microsoft yang kaya raya itu saja tidak malu memakai batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar